Kamis, 17 April 2008

KIEM LIONG HAN PEDULI KEMISKINAN






Kiem Liong Han, sebuah nama unik dan mengundang pertanyaan yang seringkali didengar ketika bertemu dengan salah seorang keturunan Kowachin (Korea Jawa China) yang namanya tercantum di dalam keanggotaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Kendal ini. Dia selalu bilang bahwa marga Kiem tidak berasal dari China melainkan dari Korea, begitu pembelaan atas nenek moyangnya yang diberikannya setiap kali digoda terkait dengan “warna”nya yang “berbeda” dengan kebanyakan anggota lainnya. Itupun ditanggapinya dengan senyum yang selalu tersungging di bibirnya.

Pengusaha Ayam Bakar Kamandoko yang bertempat di Pusat Oleh-oleh Kendal ini, sejak beberapa tahun ini terlibat aktif dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kendal. Berawal sejak keanggotaannya di Komite Penanggulangan Kemiskinan Daerah (KPKD) yang kemudian di revitalisasi menjadi TKPKD, dia aktif di dalamnya. Termasuk aktif sebagai anggota Komunitas Belajar Masyarakat (KBM) Kabupaten Kendal. Sebagai seorang pecinta burung, lelaki berusia 50 tahun yang lahir di Purbalingga dan masuk Kendal pada 1979 ini juga aktif dalam berbagai organisasi lain sebagai koordinator Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) di Rayon Keris (Kendal, Weleri, Sukorejo), Ketua Paguyuban Doa Hati Kudus Yesus Kendal, serta saat ini sedang merintis berdirinya Koperasi Credit Union (KCU) dan terbitnya kembali majalah “Habitus”. disamping itu, dia juga merupakan anggota tim pengelola tempat ziarah Goa Bunda Maria Ratu, Besokor, Weleri

Secara pribadi, Koh Han, sangat memberikan perhatian kepada salah satu makanan khas Kendal yakni “dawet seger”. Bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Kabupaten Kendal, sebagai perintis/ pemrakarsa pemasyarakatan Dawet seger, melakukan pelatihan dan pemberian modal usaha kepada mereka yang mau berdagang dawet seger. Bahkan kedudukannya saat ini sebagai Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Dawet Seger Kabupaten Kendal.

Bukti komitmen dan kerelawanannya terhadap masyarakat juga dapat dilihat dari peran aktifnya sejak tahun 2006 sampai saat ini sebagai anggota Kelompok Kerja Program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (POKJA PAKET P2KP) Kabupaten Kendal. Meskipun membawa “warna” yang berbeda, namun terbukti kemauannya untuk berbagi kepada masyarakat, dibuktikan dengan kesediannya mengunjungi dan mendampingi lokasi-lokasi penerima PAKET P2KP Kabupaten Kendal.

Sebuah cerminan kecil indahnya arti kebersamaan dalam keberagaman.


Untuk berkomunikasi dengannya dapat menghubungi :
081325677677

Tidak ada komentar: