Minggu, 06 April 2008

Monev Paket P2KP Kendal – 1






Tim yang beranggotakan perwakilan dari Bank Dunia, Departemen Keuangan, Departemen Dalam Negeri, Departemen Pekerjaan Umum maupun Konsultan Manajemen Pusat (KMP) P2KP yang dalam hal ini diwakili oleh Tenaga Ahli PAKET P2KP KMP, Ibu Saraswati Susanto, didampingi oleh Team Leader KMW Provinsi Jawa Tengah serta Tenaga Ahli KMW, mengunjungi lokasi Paket P2KP Kabupaten Kendal. Kunjungan diawali di Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari, dimana kedatangan tim monev disambut oleh Camat Rowosari, perangkat desa, masyarakat, anggota BKM dan anggota Pakem Desa Gempolsewu. Disamping itu, anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), anggota Pokja Paket P2KP maupun pimpinan Bappeda bahkan PJOK Paket, juga mendamping monev hari pertama, Kamis, 3 April 2008.

Kegiatan diawali dengan dialog dib alai desa Gempolsewu, terkait mekanisme pelaksanaan dan administrasi Paket. Berbagai pertanyaan yang menyangkut mekanisme dan administrasi Paket dijelaskan bersama oleh anggota Pakem, anggota BKM maupun anggota Pokja Paket P2KP maupun Satker P2KP Kabupaten Kendal yang sekaligus sebagai anggota Pokja Paket P2KP, Ir. Sapto Setiawan. Terdapat beberapa temuan terkait dengan administrasi pelaksanaan Paket, diantaranya terkait dengan pedoman Paket P2KP maupun format laporan pekerjaan Paket P2KP.

Dialog dilanjutkan dengan melakukan peninjauan hasil pekerjaan lapangan, dimana Desa Gempolsewu pada tahun 2007 memiliki 2 panitia kemitraan. Lokasi kunjungan pertama adalah lokasi beton jalan, dimana sebelumnya tim diajak untuk menyeberang sungai dengan mempergunakan perahu untuk sampai ke lokasi beton jalan. Di lokasi ini tim memberikan catatan terkait dengan kualitas dan fungsi jalan serta konsistensi rencana pemeliharaan hasil pekerjaan yang perlu menjadi perhatian berbagai pihak terkait. Kunjungan dilanjutkan ke lokasi aspal jalan.

Kunjungan dilanjutkan menuju lokasi lama penerima PNPM, Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo. Namun dalam perjalanan, tim monev mampir untuk melihat hasil pekerjaan Panitia Kemitraan Paket P2KP desa Bumiayu Kecamatan Weleri, baik pekerjaan beton jalan dan paving yang dilakukan pada tahun 2007 maupun pekerjaan beton jalan paket p2kp tahap I tahun 2006 yang hasilnya masih sangat bagus.

Dialog dengan masyarakat, anggota Panitia Kemitraan maupun BKM yang masih terus didampingi oleh Tim provinsi maupun kabupaten, dilanjutkan di Balai Desa Kebumen. Kembali ditemukan catatan terkait administrasi pekerjaan yang perlu dijadikan sebagai bahan evaluasi pada pelaksanaan paket tahap 3 tahun 2008. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan evaluasi atas pelaksanaan PNPM P2KP di desa Kebumen dimana tim menemukan catatan atas pelaksanaan PNPM P2KP yang memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak terkait.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi pekerjaan Paket P2KP dan berdialog dengan warga Desa Kebumen yang pada tahun 2007 memperoleh program paket berupa pengaspalan jalan maupun pembangunan rumah kumuh. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi pekerjaan PNPM P2KP Desa Kebumen.

Tidak ada komentar: